Senin, 07 Februari 2011

Dampak Perkembangan Teknologi


Di zaman yang telah modern dan semakin maju ini siapa lagi yang tidak mengenal komputer. Di masa kini, komputer telah menjadi bagian hidup dari umat manusia. Komputer sebagai bentuk dari teknologi komunikasi merupakan media yang sering dipakai oleh banyak orang. Dahulu komputer diciptakan manusia sebagai alat bantu hitung. Kemudian bertambah menjadi suatu alat pengolah kata. Lalu juga untuk menyimpan data yang kecil, hingga mampu menyimpan data dalam jumlah yang besar. Dan lama-kelamaan juga menjadi alat hiburan dan multimedia. Kini telah banyak bermacam – macam program dan fitur yang mampu dijalankan oleh komputer. Tampilan komputer kini juga telah berwarna sehingga semakin menarik minat para pengguna. Di samping itu, komputer juga menawarkan banyak pilihan software yang memudahkan pengguna dalam menghadapi pekerjaannya.Kemudahan dan kepraktisan dari komputer membawa alat ini menjadi media utama bagi sebagian besar orang dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Berbeda dengan dahulu, komputer kini dibagi menjadi beberapa jenis dan ukuran serta fungsi. Ada komputer yang berisi program-program untuk bidang kedokteran, ekonomi, teknik dan sebagainya. Komputer saat ini dapat berupa laptop atau notebook yang dapat dibawa ke mana-mana dengan ukuran tidak sebesar komputer lazimnya dan ringan. Kecanggihan lain adalah layar komputer yang makin hari makin besar dan dengan perkembangan teknologi, fitur-fitur yang disediakan dapat dipilih dan disesuaikan oleh para penggunannya.
Semua kecanggihan yang dibuat dan dihasilkan oleh para ahli membuat komputer menjadi alat yang memudahkan orang dan menarik untuk dicoba. Menurut peneltian, manusia suka dengan hal-hal bersifat baru, praktis, dan efisien. Dan dalam komputer pengguna menemukan hal yang mereka sukai tersebut. Dengan meluasnya pekerjaan yang ada saat ini dan dibutuhkannya alat yang mempercepat manusia dalam menyelesaikan tugas mereka yang banyak dan sulit, komputer menjadi penolong dan sumber daya yang praktis.

Tidak hanya itu, alat ini juga telah menjadi salah satu gaya hidup masa kini. Pengguna tidak lagi membutuhkan komputer dengan fungsi dan program di dalamnya, tapi tampilan dan bentuk serta spesifikasinya banyak dicari orang banyak. Orang berlomba-lomba mendapatkan sebuah komputer atau laptop dengan kecanggihan paling baru dan desain yang menarik layaknya orang berperilaku dalam berpakaian saat ini.
Pengusaha-pengusaha yang memiliki uang yang cukup banyak mencari komputer dengan fitur-fitur yang memudahkan pekerjaan mereka dan desain tampilan alat yang modern dan sesuai dengan citra mereka masing-masing. Ditambah dengan adanya teknologi internet yang mempercepat akses informasi baik dalam negeri maupun luar negeri yang menambah kegunaan dan fungsi komputer bagi banyak orang. Melalui komputer semua orang dapat menikmati keuntungan internet. Sejak kemunculannya di AS, internet banyak digunakan dan disukai. Terlebih lagi sekarang dengan berbagai fitur baru, situs baru, dan teknologi baru yang menjadikan komoditas komputer penting dimiliki oleh banyak orang. Melalui internet, kita bisa mendapatkan Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. Selain itu kita juga bisa mendapatkan Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

Akan tetapi keterbatasan biaya terlebih lagi di Indonesia membuat orang tidak bisa memiliki komputer. Untuk mendapatkan teknologi canggih ini dibutuhkan biaya besar apalagi komputer dengan fitur terbaru dan lengkap. Oleh karena itu, di Indonesia banyak rental-rental komputer dibuat dan warnet pun bermunculan. Semua ini ada untuk memberikan layanan serta jasa bagi orang atau pihak yang tidak mampu membeli teknologi mahal ini. Dengan adanya usaha warnet dan rental diharapkan orang yang tidak memiliki alat ini dapat memakai fungsi komputer yang memudahkan dan menyelesaikan masalah pekerjaan mereka. Komputer seringkali digunakan sebagai media hiburan oleh banyak orang, seperti untuk mendengarkan musik dan memutar film. Komputer juga bisa digunakan untuk alat kerja, seperti untuk mengetik, berhitung, maupun untuk mendesain suatu gambar.Saat ini juga telah banyak perusahaan – perusahaan yang menggunakan komputer untuk menyimpan data dan dokumentasinya, mulai data – data pribadi hingga data – data penting perusahaan. Komputer juga telah digunakan oleh perusahaan – perusahaan sebagai alat sistem registrasi, menyimpan database perusahaan, hingga untuk mengotomatisasi sistem gaji karyawan.

Berdasarkan paparan sebelumnya dapat diketahui betapa pentingnya komputer dalam kehidupan manusia. Fungsi komputer dapat memenuhi kebutuhan manusia yang bertambah banyak seiring bertambahnya waktu. Di lain sisi komputer juga memberikan dampak buruk dalam pemakaian komputer yang dilakukan oleh para penggunanya.

Banyak orang yang mengetahui keunggulan dan keuntungan yang dapat diberikan oleh media ini, namun belum banyak yang tahu bahwa media ini juga dapat memberikan dampak negatif dalam kehidupan mereka yang menggunakan. Beberapa penelitian efek dan pengaruh negatif komputer pada para penggunanya menemukan bahwa terpaan media komputer dapat menciptakan sikap anti sosial, kecemasan komputer (computer anxiety), dan adiksi terhadap internet.
Sikap dan perilaku anti sosial terbentuk dari terpaan isi program dari fitur yang diciptakan dari media komputer ini. Salah satu fitur yang banyak menghiasi isi software komputer adalah permainan. Baik anak-anak, remaja sampai orang dewasa menggunakan komputer untuk memainkan permainan kesukaan mereka masing-masing. Contohnya saja mahasiswa-mahasiswa bermain permainan olahraga atau perang-perangan seperti counter strike (CS) yang merupakan permainan dalam komputer. Biasanya mereka memainkan permainan kesukaan mereka ini disela-sela kegiatan mereka ketika jenuh atau sedang beristirahat.

Permainan komputer banyak memberikan bumbu-bumbu kekerasan di dalamnya. Dan berdasarkan beberapa penelitian, permainan komputer dengan kandungan kekerasan memiliki tingkat terpaan kekerasaan yang sama seperti terpaan dalam program televisi. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa permainan video(video games) memiliki kemampuan lebih besar untuk membuat anak-anak menjadi kurang sensitif terhadap kekerasan dibandingkan televisi atau pun pengalaman kehidupan yang bersinggungan dengan kekerasan.

Anak-anak dan para pengguna games cenderung mengalami mati rasa dengan kekerasaan dan menganggap kekerasan merupakan hal yang wajar. Hal ini kemudian membentuk perilaku anti sosial para pengguna permainan komputer. Perilaku tersebut tercemin dari tingkat kepedulian yang rendah terhadap satu sama lain.

Pengaruh negatif lain yang diciptakan dari realisasi teknologi komunikasi adalah computer anxiety (kecemasan, ketakutan terhadap komputer). Nama lain dari kegunaan disfungsional dari komputer ini adalah cyberphobia dan computerphobia. Ketakutan terhadap komputer ini menerpa hampir sepertiga populasi pengguna dewasa komputer. Beberapa akibat dari kasus yang paling menakutkan yang dirasakan terhadap komputer adalah mual-mual, vertigo, dan keringat yang bercucuran. Penyebab ketakutan mereka ada banyak hal dan salah satunya karena ketakutan mereka akan mendapatkan bencana dengan menekan kunci yang salah. Dalam hal ini ketakutan mereka dihubungkan dengan tingkat privasi yang dapat ditembus karena kesalahan mereka menekan tombol misalnya saja menekan gambar spam yang ada dalam internet.

Komputer juga dapat membuat kecenderungan adiksi (kecanduan) pada semua orang yang menggunakan komputer. Perasaan ini mendorong orang untuk terus-menerus menggunakan komputer layaknya orang yang mengidap ketagihan narkotika. Komputer beserta fitur yang ditawarkannya secara tidak sengaja membentuk komputer menjadi seperti obat yang harus diminum dan jika tidak diminum akan menimbulkan rasa sakit tersendiri yang dialami para penggunanya. Situs-situs yang ada dalam internet dengan jasa dan layanan yang ditawarkan dapat memenuhi kepuasan dan kebutuhan orang yang memakainya. Situs permainan, layanan komunikasi interaktif membuat komputer menjadi komoditi teknologi yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia sama seperti keberadaan telepon seluler saat ini. Rasa ketagihan yang membuat orang terus menerus menggunakan komputer menurut para ahli merupakan indikasi dari pembentukan kebiasaan media. Dan yang mematikan adiksi ini dapat menghancurkan kehidupan manusia. Jadi kehidupan seseorang dapat hancur melalui internet karena perilaku adiksinya terhadap internet.

Kehidupan modern di jaman sekarang ini banyak menggantikan komunikasi antar manusia menjadi komunikasi di komputer. Jaman sekarang ini orang berkomukasi melalui chatting, virtual community dan bisa berkomunikasi dengan semua orang di seluruh dunia. Dan kita menggantikan komunikasi bertemu muka dengan email yang efektif cepat. Inilah dunia cyberspace. Di dunia internet ini komunikasi manusia secara fisik digantikan dengan virtual. Sekarang ini orang berbicara di inte rnet, berpacaran di internet, diskusi di internet, sharing hidup di internet.
Lalu apa pengaruhnya bagi kita ? Secara cepat dan efektif kita bisa lebih cepat dalam komunikasi dengan orang lain namun satu hal yang menjadi bahaya adalah kita kehilangan sentuhan pribadi yang dalam. Didalam email kita tidak bisa melihat emosi secara psikologi yang nyata, kita tidak bisa melihat komunikasi yang hidup secara nyata, kita tidak bisa merasakan intonasi & suara sahabat kita. Cobalah terus menjalin hubungan dengan email dan pastinya komunikasi yang sangat bermakna di dalam percakapan akan menjadi hilang. Bandingkanlah komunikasi email dengan komunikasi menulis surat kepada teman. Kita pasti akan merasakan komunikasi tulis surat ini lebih bermakna. Walaupun demikian komunikasi, persahabatan dan hubungan yang paling bermakna adalah ketika kita bertemu antar muka dengan sahabat kita.
Manusia adalah mahluk sosial dan manusia banyak belajar hidup dari hidup bersama.

Bila kehidupan sosial kita di reduksi menjadi komunikasi di internet ada beberapa bahaya yaitu kita kehilangan hidup sosialiasi yang sesungguhnya. Komunikasi di komputer tidak mewakili sentuhan pribadi secara sepenuhnya. Pada hakikatnya manusia membutuhkan kehangatan dan persekutuan manusia. Manusia perlu kasih, teman dan aktivitas bersama langsung.

Pengaruh sosial yang buruk lainnya akibat penggunaan komputer adalah di bidang pendidikan. Sekarang ini filsafat pendidikan mengatakan bahwa pengetahuan itu diciptakan oleh murid dan guru itu hanya fasilitator yang kurang penting. Hal ini mengakibatkan guru tidak menjadi dipentingkan sebab murid dapat belajar sendiri di dalam dunia cyberspace yang luas. Informasi pendidikan begitu limpah dan luas di internet sehingga murid tinggal menjelajahi kemana jiwanya ingin menjelajah. Tidak terpaku pada ilmu guru yang terbatas, tidak terpaku pada kurikulum yang terbatas tetapi ke dalam dunia internet yang berisi banyak sekali materi pelajaran. Memang kita harus mengakui bahwa informasi di dunia digital sekarang ini begitu banyak. Materi buku-buku yang ada di perpustakaan ada dalam bentuk CD atau ada di dunia cyberspace ( internet ). Pengetahuan begitu banyak di dalam hidup ini dan semuanya disediakan. Namun demikian, ada dampak positif maka ada dampak-dampak negatifnya.

Dampak negatifnya maka hidup meneladani guru menjadi sulit karena kurang kontak personal. Padahal kita mengerti bahwa pembentukan karakter seseorang itu lebih penting daripada sekedar pengetahuan dan pembentukan karakter itu di dapat dari interaksi langsung dengan guru, orang tua dan hidup sosial. Teladan seorang guru di dalam pembentukan karakter menjadi tidak dipentingkan. Bagi dunia modern yang penting adalah pengetahuan sedangkan pembentukan hati dan moral tidak dipentingkan. Pengetahuan dianggap sebagai kekuatan dan bila orang menguasainya maka mempunyai kekuatan. Ini dapat mengakibatkan merosotnya moral serta karakter.

Ada lagi dampak negatif yang penting untuk diperhatikan. Dengan adanya banyak informasi di dalam dunia cyberspace ini maka ada banyak sekali pilihan. Dan juga tidak ada filternya bagi murid. Informasi yang baik disediakan namun informasi yang buruk juga banyak disediakan. Informasi mengenai membuat bom, mengenai pornografi, informasi mengenai ajaran sesat, informasi mengenai hal-hal berdosa semua ada di dunia ini dan dapat diakses siapa saja dengan bebas. Internet yang merupakan karya manusia selain membawa hal yang baik namun juga menjadi alat yang menghancurkan kehidupan manusia.

Sumber : http://blog.i-tech.ac.id/pakar_informatika/2009/07/30/dampak-komputer-dalam-kehidupan-sosial/

Pantaskah 3,5th Unt Ariel ??



Majelis berkeyakinan pria yang akrab disapa Ariel ini bersalah. Sebab diganjar hukuman, "tiga tahun enam bulan penjara potong masa tahanan," Ketua Majelis Hakim Singgih Budi Prakoso membaca vonisnya. Selain itu, ada tambahan denda Rp 250 juta.Usai palu diketuk, Ariel tersenyum tipis. Dia mengajukan banding. Dibarisan kursi pengunjung di ruangan pengadilan, berterbangan aroma kekecewaan. Para pendukung Ariel sedih melihat ujung nasib idolanya. Teman-teman artisnya, seperti Titiek Puspa, dan Camelia Malik, tak
mampu membendung air mata. Sang pacar, Luna Maya, tenggelam dalam tangisnya. Reaksi berbeda datang dari luar pagar pengadilan. Penuh amarah, sekumpulan orang yang mengaku dari kelompok organisasi massa ini mengecam vonis yang dianggap terlalu rendah. Mereka merusak sebuah mobil jip bercat loreng jingga, dan memukuli orang-orang yang dianggap mendukung Ariel.Pertanyaannya, pantaskah Ariel menerima hukuman itu, atau mestinya dihukum lebih berat? Tentu ini bicara hukum positif dalam artian dasar hukumnya adalah perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Sesuai dengan pasal yang dibidik untuk Ariel, yaitu dari Undang-undang Pornografi.
Materi perkara yang dianggap masuk ke unsur pidana pornografi itu tak lain adalah video mesum yang
"bintang" utamanya mirip Ariel.Ada dua video yang menyebar ke publik lewat internet sejak tahun lalu.Di satu video, orang mirip dia bersebadan dengan perempuan mirip artis dan model papan atas, Luna Maya, yang juga kekasih Ariel.Satu video lain, lagi-lagi pemuda mirip Ariel bersetubuh dengan artis Cut Tari. Skandal video mesum inilah yang menjadi urusan penegak hukum. Ariel dan Luna sama sekali tak mengakui bahwa dirinya yang berada dalam rekaman itu. Bahkan sejak awal pemeriksaan hingga divonis bersalah, sejoli ini tak pernah mengakuinya. Sebaliknya, Cut Tari mengangguk ketika ditanya apakah di video itu adalah dirinya bersama Ariel. Keterangan siapa yang bisa dipegang? Rasanya lebih masuk akal pengakuan Cut Tari. Jelas bukan keputusan gampang bagi dia, pergulatan yang keras terjadi pada dirinya sendiri. Rasa malu di depan masyarakat. Penyesalan yang entah kapan sirnanya, tergambar jelas di raut wajahnya saat memberi keterangan.Sebuah keterangan yang membuat ujung kariernya yang terhempas berantakan. Rasanya sangat sulit untuk membangun lagi reputasinya. Jika tak berbuat, tentu dia tak mau menghancurkan dirinya memberi pengakuan yang sangat tabu di negeri ini. Katakanlah Cut Tari benar. Nah, yang menjadi masalah apakah kemudian hukum pidana bisa menjangkau mereka bertiga. Bahwa perbuatan itu adalah salah dalam ukuran moralitas, itu tak ada yang menafikannya. Misalnya, antara Ariel dan Luna belum ada ikatan pernikahan, apalagi Cut Tari yang telah bersuami. Secara akal sehat, manalah mungkin mereka sengaja menyebar video itu, bahkan dibilang sengaja memfasilitasi peredarannya pun sungguh naif. Sederhananya, jika mereka mau tentu jalannya mudah, sekalian jadi bintang film porno. Pasti laris, dan perusahaan film biru jelas mengantre. Selain dapat honor, Ariel tak perlu capek-capek merekam sendiri lalu mengedarnya secara gratisan. Jadi, lebih masuk akal jika proses merekam perilaku liar ini hanya dimaksudkan untuk koleksi pribadinya saja. Namun, keteledorannya dalam menyimpan itulah yang berakibat fatal. Kariernya berujung di palu hakim yang memvonisnya bersalah melanggar Pasal 29 ayat 1 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi dan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transkasi Elektronik serta
pasal 56 Kitab Undang Undang Hukum Pidana. Padahal dalam undang-undang pornografi yang dituduhkan ke Ariel itu jelas disebutkan bahwa yang disyaratkan adalah si pembuat video porno memang sengaja ditujukan untuk konsumsi publik. Jika dia membuatnya untuk kepentingan pribadi maka dia tak dapat dipidana.Berikutnya adalah Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, alias UUITE. Di sini yang dilarang adalah si pelaku sengaja mendistribusikan dokumen kesusilaan lewat jaringan internet. Jadi yang dibidik oleh undang-undang ini adalah pihak yang mengunggah ke publik melalui berbagai jejaring di Internet. Jadi vonis bersalah untuk Reza Rizaldy alias Redjoy sebagai orang yang menyebarkan video ini lebih masuk akal. Memanglah pula Redjoy yang editor musik di studio milik Capung--produser Peterpan—-ini yang menemukan video porno itu di harddisk milik Ariel lalu mengunduhnya ke Internet yang kemudian beterbangan ke mana-mana. Jaring pasal untuk Ariel berikutnya adalah soal turut serta (pasal 56 KUHP). Pertanyaannya apa mungkin Ariel bekerjasama dengan Redjoy lalu memberi kesempatan kepada Redjoy untuk menyebar video mesumnya itu? Jika benar tentu betapa bodoh dan konyolnya si Ariel ini.
Tetapi majelis memandangnya berbeda. Ariel dinyatakan bersalah. "Mengadili, menyatakan terdakwa Nazriel Irham terbukti sah dan meyakinkan memberi kesempatan orang lain menyebarkan video dan pornografi," begitu kata majelis hakim. "Terdakwa telah ceroboh, tidak hati-hati, dan sembrono menyimpan rekaman video." Vonis hakim tentulah tak bisa diganggu gugat, dan hakim juga bebas dalam menentukan keyakinannya untuk menghukum. Semoga saja, vonis yang dijatuhkan hakim ini betul-betul berdasarkan keyakinannya dalam melihat fakta-fakta pengadilan, jadi bukan lantaran gentar dengan tekanan yang luar biasa dari sebuah ormas itu. Bagi Ariel sendiri tentu saja masih ada jalan banding ke Pengadilan Tinggi. Lebih dari itu, jika benar bahwa dia di video mesum itu, lebih baik Ariel mengakuinya saja. Bukalah topengmu, lalu minta maaf pada publik dan mengatakan perilakunya tak pantas ditiru. Dia mengecewakan jutaan penggemarnya, dan
membuat jantung para orang tua berdegup khawatir anaknya mengikuti perilaku sang bintang.

Sumber : www.yahoo.com